Jakarta - Tiga bulan pertama tahun 2015 belum memberikan kontribusi positif bagi pabrikan otomotif. Bahkan, Toyota yang masih menjadi nomor 1 di Indonesia juga mengalami penurunan penjualan.
GM Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM), Widyawati Soedigdo menyebut, penjualan Toyota dari Januari sampai Maret 2015 berada di angka 85.710 unit. Jika ditambah merek Lexus, penjualan Toyota mencapai 85.828 unit.
Angka itu turun dibandingkan periode yang sama tahun 2014. Menurut Widyawati, penurunan penjualan Toyota itu juga akibat kondisi market yang turun di tiga bulan pertama tahun 2015.
"Karena marketnya memang turun. Makanya kan banyak yang mengoreksi market tahun ini akan lebih rendah dari tahun lalu, melihat pasarnya yang turun," kata Widyawati di Jakarta.
Sebagai pembanding, Januari sampai Maret 2014 lalu, penjualan Toyota sempat menyentuh angka 113.591 unit. Artinya, penurunannya hampir sampai 25 persen.
"Turunnya hampir 25 persen. Market juga turun sekitar 15 persen," jelasnya.
Sementara itu, kontribusi terbesar penjualan Toyota selama kuartal pertama ini masih dipegang oleh Avanza. Sedangkan Agya dan Innova membuntutinya.
"Avanza 37.644 unit, Agya 14.412 unit, Innova 11.499," sebut Widyawati.
Tahun ini, Toyota menargetkan tetap mempertahankan pangsa pasar di atas 30 persen. Sampai dengan Maret 2015, pangsa pasar Toyota sebesar 30,4 persen.
"Target Toyota tahun ini market share minimal 30 persen. Kalau jumlah unitnya tergantung marketnya jumlahnya berapa. Jadi yang kita pengin memang market share-nya," ujar Widyawati.
(rgr/ddn/detik.com)
0 Komentar:
Posting Komentar
Tulis Komentar Disini !!!